Komunikasi di Dunia
Maya
A. Konsep Dasar Dalam Komunikasi Dunia Maya
1. Dunia maya
Pada novel William
Gibson (1984/1994), neoromancer,
istilah dunia maya muncul pertama kalinya untuk merujuk pada jaringan informasi
luas yang oleh para penggunanya disebut dengan console cowboys akan muncul, atau koneksi langsung dengan
sistem-sistem syaraf mereka. Lalu ada sebuah konsep dikembangkan oleh Gibson
yang menyatakan bahwa dunia maya adalah realita yang terhubung secara global,
didukung komputer, berakses komputer, multidimensi, artificial,
atau virtual. Di mana dalam hal ini komputer adalah sebuah jendela, terlihat
atau terdengar objek-objek yang bukan bersifat fisik dan bukan representasi
objek-objek fisik, namun lebih merupakan gaya, karakter, dan aksi pembuatan
data, pembuatan informasi murni.
2. Realitas maya
Realitas maya (virtual reality, VR) merujuk pada
pemakaian komputer untuk menstimulasikan sebuah pengalaman dengan cara yang sama dengan
realita. Pada jenis VR yang sering dipakai, seseorang memakai sarung tangan, earphone, dan goggles yang disambungkan dengan komputer. Rangsangan berubah
sesuai dengan gerakan orang itu, misalnya menggeleng-gelengkan kepala atau
gerakan-gerakan lainnya. Salah satu bentuk VR yang paling murni adalah
stimulator penerbangan yang dipakai untuk melatih para pilot.Komputer belum
memiliki kekuatan untuk mengirimkan sebuah pengalaman VR penuh. Tetapi, kita
sudah bisa mencicipi VR dengan sejumlah games komputer yang mengunakan
grafik-grafik realities atau program-program yang memungkinkan kita “bergerak”
melintasi ruang tiga dimensi.
3. Komunitas maya
Pada buku The Virtual Community, karangan
Howard Rheingold (1993) menyebutkan beberapa manfaat ajang gaul elektronik, di
dalamnya terdapat informasi tentang peran-peran yang dapat dilakukan komunitas
maya dalam masyarakat. Komunitas maya adalah komunitas-komunitas yang lebih
banyak muncul di dunia komunikasi elektronik dari pada
dunia nyata. Orang-orang tinggal di seluruh penjuru dunia yang memiliki
ketertarikan sama dapat berkumpul untuk membicarakan dalam dunia maya. Salah satu bentuknya yang sedang digemari saat ini adalah twiter,
facebook, path, instragram dan masih banyak lainnya.
4. Chat Rooms, MUD, dan Bot
Fitur internet tertentu
memungkinkan kita melakukan kita melakukan interaksi baru dengan berbagai cara
baru yang menarik. chatroom
atau ruang obrol memungkinkan kita berkomunikasi langsung dengan orang lain
yang belum kita kenal. Sedangkan MUD atau multi user domain adalah salah satu permainan interaktif yang
canggih atau sebuah game (permainan) interaktif
multiplayer yang memungkinkan
kita melakukan peran-peran fantasi dan mengeksplorasinya dengan orang lain.
Beberapa MUD dilengkapi oleh bot, program yang memiliki daya chatting canggih (chatterbot). Terkadang para pemain
kesulitan membedakan apakah mereka sedang berinteraksi dengan orang lain
ataukah dengan sebuah program komputer.
5. Keinteraktifan
Keinteraktifan adalah
salah satu fitur media baru yang paling banyak dibicarakan, mendapat tempat
khusus di internet. Dua peneliti, Louise Ha dan Lincoln James, menyatakan bahwa
interaktivitas pada world wide web
memiliki dimensi penting (ha dan James, 1998): daya hibur seperti permainan dan kuis-kuis yang dapat diikuti partisipan, pilihan yaitu memberikan
alternetif kepada pengguan, daya sambung yang memberikan sebuah situs yang
lengkap yang melibatkan pengguna, koleksi informasi seperti kumpulan demografi, psikografis pengguna,
dan komunikasi timbal balik atau dua arah seperti surel.Lain hal yang telah
diungkapkan oleh Dillon dan Leonard (1998) yang menyatakan bahwa kemampuan
pengguna untuk berkomunikasi secara langsung dengan komputer dan memiliki
dampak pada pesan apa pun yang dibuat. Pada saat yang bersamaan William, Rice, Rogers (1998)
mengartikan keinteraktifan sebagai tindakan di mana pada proses komunikasi para
partisipan memiliki kendali terhadap peran, dan dapat bertukar peran, dalam
dialog mutual mereka. Masing-masing pendekatan tentang keinteraktifan ini
penting sekali. Dan, ketika kita mulai berfikir tentang internet, kedua jenis makna itu bisa sama-sama terjadi. Pengguna dapat berinteraksi
dengan sebuah komputer dengan mengunakan program-program yang tersedia. Tetapi
mereka berinteraksi dengan orang lain melalui ruang chatting atau saling mengirim surel.
6. Hiperteks
Fitur yang istimewa
dalam world wide web adalah
pemakaian hyperlink, yaitu spot-spot pada halaman web yang dapat di-klik
oleh pengguna untuk berpindah ke 'spot lain,
baik dalam dokumen yang sama maupun dalam situs lain dalam internet.
Hyperlink sebenarnya adalah salah satu
bentuk khusus dari hypertext,
sebuah istilah yang diperkenalkan pada tahun 1965 oleh Ted Nelson (Nelson,
1987). Nelson mendefinisikan hypertext sebagai tulisan yang berurutan. Nelson menulis, “Tanpa dibatasi oleh
urutan, dalam hypertext kita
dapat menciptakan bentuk-bentuk tulisan baru yang merefleksikan dengan lebih
baik struktur sesuatu yang sedang kita tulis, dan pembaca, setelah memilih
jalur, dapat mengikuti ketertarikan mereka atau arus pikiran mereka dengan
sebuah cara yang hingga saat ini dianggap mustahil”. Satu variabel menarik
dalam pemakaian hypertext adalah
berkenaan dengan jumlah control yang
diberikan pada pengguna. Seorang perancang halaman web dapat mendesain sebuah
halaman sehingga pengguna hanya dapat melewati beberapa jalur yang telah
ditentukan sebelumnya, atau seorang perancang dapat menciptakan sebuah situs yang memberikan kebebasan yang luas kepada
pengguna untuk bereksplorasi sesuai keinginannya. (Gay, 1991, 169) Salah satu
kesulitan dalam hypertext adalah yang disebut navigation
problem, permasalahan navigasi,
kemungkinan tersesat dan tidak tahu ke mana selanjutnya harus pergi. Konsep
yang terkait adalah fear of disorientation, takut tersesat dalam hyperspace.
7. Multimedia
Multimedia adalah
sebuah sistem komunikasi yang menawarkan perpaduan text, grafik, suara, video, dan animasi. Akhir-akhir ini, world
wide web telah menyajikan streaming
multimedia, atau audio dan video yang tersedia dalam website. Multimedia bekerja dengan baik saat dipadu dengan hyperlink atau hypertext,
pengguna dapat meng-klik-nya untuk mengeluarkan sampel suara atau video
B. Manfaat Komunikasi Virtual
Sesuai dengan
karakteristik dari dunia virtual sendiri, ada beberapa manfaat atau keuntungan
berkomunikasi yang dilakukan secara virtual,diantaranya yaitu:
1. Cepat,komunikasi
atau pertukaran informasi bisa dilakukan engan cepat.Meskipun komunikasi
dlakukan dalam kondisi jarak yang jauh,tidak perlu menunggu waktu yang lama.
2. Mudah,apabila sudah menguasai teknis operasional komputer dan fasilitas
pendukung yang dibutuhkan,proses komunikasi bisa dilakukan dengan mudah
3. Komunikasi virtual
bisa dilakukan secara real time juga un real time.Secara real time maksudnya
komunikasi dilakukan secara langsung,komunikator dan komunikan berinteraksi
pada waktu yang sama,tanpa penundaan waktu untuk memberi respons atas pesan
yang diterima(synchronus system).Sedangkan un real time yaitu kebalikan dari
yang real time,ada penundaan waktu respons atas pesan-pesan yang
disampaikannoleh para pihak yang berkomunikasi(ansychronus system
4. Bisa individual atau grup.Komunikasi virtual bisa dilakukan baik secara one
to one,(satu orang dengan satu orang),maupun secara kelompok (group).
5. Jumlah dan jenis pesan bisa besar dan beragam.Keuntungan atau kelebihan
lainnya dari komunikasi virtual ini adalah jumlah pesan atau informasi yang
disampaikan bisa banyak dan dalam berbagai bentuk pesan:teks,suara,dan
gambar.Atau bahkan gabungan dari ketiga jenis pesan tersebut.
C. Jenis-Jenis Komunikasi Dunia Maya
Dalam dunia
maya, komunikasi bisa dilakukan melalui e-mail, milis, chatting, dan facebook.
1.
E-mail
E-mail (electronic
mail) berarti surat elektronik. Kata e-mail merujuk pada dua hal.
Pertama, e-mail merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas
berbasis Internet yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara
elektronik. Diantara aplikasi e-mail adalah: Yahoo! Mail, Gmail,
Hotmail, AOL, Sina, 126, 123, Daum, dan lain-lain. Program ini digunakan
untuk membaca, mengirim, dan menyimpan e-mail. Kedua, e-mail
yaitu surat elektonik. Surat elektronik adalah surat yang dibuat, dikirim, dan
diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertasakan tetapi dalam bentuk data
elektronik yang dibuat, dikirim, dan/atau diterima dalam bentuk data yang
diolah dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan memanfaatkan
peralatan elektronik komputer dan jaringan internet.[1][5][5]
2.
Milis
Milis (mailing
list) adalah layanan di dalam Internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mail.
Diskusi dalam milis bisa dikelompok-kelompokan berdasarkan kategori
tertentu, misalnya berdasarkan pekerjaan, bisnis, pendidikan, hobi, dan
lain-lain. Bisa juga berdasarkan organisasi kemahasiswaan, misalnya HMJ, BEM,
dan lain-lain. Salah satu penyedia mailing list (server) yang paing terkenal
adalah Yahoo!
3.
Chatting
Chatting dalam
bahasa Inggris artinya mengobrol. Dalam dunia internet, chatting berarti
program yang tersedia yang digunakan untuk mengobrol atau berinteraksi lewat
internet. Dengan fasilitas ini, kita bisa berkomunikasi dengan siapa pun dan
dimana pun di seluruh belahan dunia. Chatting di internet menjadi
mungkin dikarenakan adanya perangkat lunak (software). Diantara perangkat lunak
yang digunakan adalah: mIRC, MSN Messenger, ICQ, GotoWorld, Yahoo! Messenger,
dan lain-lain.
4.
Facebook
Disamping e-mail,
milis, dan chatting, facebook juga merupakan jejaring sosial
berbasis internet. Pencetus dan pengembang facebook adalah Mark
Zuckerberg, seorang mahasiswa Universitas Harvard. Melalui facebook ini,
kita bisa berkenalan dengan orang baru, membantu menemukan teman-teman lama
yang selama ini sudah lost-contact, dan sebagainya. Kita bisa
menggunakan facebook untuk berbagai kepantingan, seperti pendidikan,
bisnis, politik, dan sebagainya. Melalui facebook juga kita bisa reuni,
mmemperluas jaringan pertemanan dengan cara mengundang maupun diundang.
Sumber Rujukan:
http://irvando09.blogspot.co.id/2015/03/konsep-komonikasi-didunia-maya.html
http://suci1304792.blogspot.co.id/2015/03/konsep-komunikasi-di-dunia-maya.html
1 komentar:
izin copy
Posting Komentar